Bikin “Tie Dye” Sendiri Yuk!!!

Judul asli : TIE-DYE FOR …

tie_dye_adult_ss_front_12

Tie-dye merupakan salah satu bentuk seni tekstil warisan kaum Hippies alias Flower Generation, yang tumbuh di era ’60-an. Motif itu biasanya diaplikasikan kepada kaos mereka biar lebih warna-warni dan mendapatkan motif yang lebih trippy. Maklumlah jaman itu lagi gila-gilanya psikotropika yang efeknya emang trippy.

Sebutan tie-dye diambil dari kosakata bahasa Inggris yang artinya ikat dan celup. Sekarang motif tie-dye tidak hanya bisa diaplikasi dalam bentuk T-shirt. Kita bisa nemuin print ini dalam format atasan tunik gombrong, sarung, topi, ikat kepala, kemeja, bahkan celana.

Motif ini mulai dilirik lagi lantaran kesan vintage-nya emang kuat. Kaos tie-dye bisa ditemukan di distro-distro favorit. Tapi kalo lagi nggak ada kerjaan dan pengen menguji kreativitas, silahkan coba bikin sendiri.

Sembilan langkah mudah bikin motif tie-dye

Siapin aja: sendok ukur, kaos katun 100%, garam, benang semi-tebal, karet gelang, kawat jemuran, sendok kayu untuk ngaduk, panci besar, sarung tangan karet, dan pewarna yang bisa dibeli di toko tekstil.

1.Cuci kaos katun 100%.
2.Letakkan kaos basah di tempatnya secara mendatar (boleh meja kayu).
3.Ikat kaos pada beberapa bagian dengan benang semi-tebal atau karet gelang.
4.Campurkan 1 paket pewarna dengan air panas secukupnya. Sambil diaduk masukkan 5 sendok makan garam.
5.Biarkan campuran air dan pewarna sesuai dengan suhu ruang.
6.Celupkan kaos ke dalam campuran pewarna dan biarkan terendam selama 20 menit.
7.Cuci kaos dengan air dingin sampai airnya berubah menjadi bening.
8.Lepaskan semua ikatan dan cuci kaosnya lagi dengan air dingin.
9.Gantung kaos tersebut sampai kering di bawah matahari.

Selamat mencoba atau kalau males, ya datangi distro-distro dan mulai berbelanja kaos tie-dye.


sumber : http://www.hai-online.com/article.php?name=/tiedye-for&channel=style%2Ft_shirt

Berikut adalah langhak-langkah untuk membuat tie dye sendiri :

Selamat Mencoba!!!

About these ads

55 thoughts on “Bikin “Tie Dye” Sendiri Yuk!!!

  1. @yulanmolko

    Biasanya warna yang timbul lebih terang dikarenakan si pembuat tidak memakai obat celup yang biasa kita sebut WANTEX, tapi menggunakan cat khusus, atau menggunakan pilox. Kebetulan saya kemaren dapet hasil celupan bali, dan warnanya terang banget. tinta celupan untuk batikan tradisional pun bisa dipakai buat proses pencelupan dan berpengaruh pada hasil pencelupan. Klik link di bawah ini untuk melihat proses pembuatan tie dye dengan menggunakan pilox :

    (karena menggunakan pilox, mungkin namanya bukan tie dye lagi kali ya…heuheuheueu…)
    Makasih buat comment nya.
    Klo ada info seputar tie dye, kita bisa sharing, ok!

    ADo

  2. @phep

    ahahaha…cuman iseng-iseng aja phep.
    curahan hati, kayak lagunya RES yang
    “HILANG” itu…
    pengen banget sih maen ke ‘kerajaan’RESPITO,
    cuman gada temen uy…
    oke…kita tukeran link…aku masukin dech
    link RESPITO ke FAV.WEBSITE.
    thx comment nya bro..!!!
    ditunggu banged full albumnya.
    (BTW, sebutan buat fans nya RESPITO apaan?)

  3. aLLow salam kenal ya..
    saya baru pertama kali neh masuk forum ini..
    mohon bantuannya ya..!!
    saya boleh tau gag nama cat khusus untuk buat tie dye apa ??
    trus boleh tw gag belinya dimana??
    sharing2 donk add ym gw ya>> cha0sh0tman

  4. @Chaos

    sebelumnya makasih banyak udah respect ma postingan nya.Chaos n Syarif kyaknya orang yang sama ya?
    Cat yang dipakai buat bikin tie dye namanya “WANTEX”. Bisa kamu dapetin di pasar-pasar tradisional.Terakhir Saya beli harganya 1500 rupiah (jadi promosi :D)…
    n bila perlu tau, tie dye yang bagus adalah yang hasil gambarnya murni hasil celupan WANTEX nya itu sendiri.Sekarang2 banyak yang pake tie dye, tp bukan hasil celupan, tapi kain yang udah jadi yg coraknya mirip2 tie dye.
    klo pengen tau WANTEX nya kya gimana, bisa klik link di bawah ini :

    thanks ya,

  5. @cha

    kamu bisa beli pilox nya di toko2 besi. Biasanya pilox yang menghasilkan warna yg bagus adalah pilox yang berjenis warna2
    kayak stabillo.

    thx ya…

    ado.

  6. @rizki : setau saya sih, gada pilox khusus untuk tye dye, karena memang tidak direkomendasikan, dan kalaupun sedikit dipaksakan, maka hasil dari pilox yang disemprot ke kaos, hasilnya kaos itu akan agak sedikit mengeras, karena pengaruh pilox itu sendiri.

  7. wantex itu jenis catnya kan y? soalnya ktnya harganya bisa macem2 n kualitasnya beda2. yg plg bagus merk apa y?

    kalo di kaos katun stretch bisa jg kan?

    pas campurin cat ke air ada takaran2 laen? misalnya, kl pengen warna yg lbh tua n solid, wantex-nya dibanyakin aernya didiktin. ato takarannya emg hrs sgitu kl g gbs berhasil?

    thx

  8. @Belle :

    wantex itu jenis catnya kan y? soalnya ktnya harganya bisa macem2 n kualitasnya beda2. yg plg bagus merk apa y?

    >>>wantex sebenernya lebih ke merk produknya,selain wantex masih banyak jenis cat yang bisa dipakai. kalau di daerah saya (bandung), biasa nya suka dijual dipasar dan pedagang kaki lima yang gelar dagangan di pinggir jalan. Tapi kebanyakan orang pake wantex, seperti di link ini : http://ochaaaaan.blogspot.com/2009/02/celup-tugas-tai-dye-tie-dye.html <<>>bisa aja sih, tapi kurang direkomendasikan. soalnya kalau dilihat dari daya serap katun stretch, itu kurang bagus. saya sarankan untuk memakai katun combad<<>>takaran yang dianjurkan sih tidak Stag harus bener2 pas. ada sedikit tips biar gk boros bahan dan hasilnya maksimal. kaos yang akan dicelup, lebih baik direndam dalam air dulu, lalu peras tapi jangan sampai terlalu terbuang airnya. nah, setelah itu baru dicelup ke takaran wantex, maka wantex tersebut akan menyebar(menyerap) merata.silakan mencoba.<<>>sama2 belle<<<

  9. It d tutorialnya masukin 1 paket pwarna maksudx ap ya? 1 warna doang ato mcm2 warna? Tuz tuk menghasilkan motif dg warna yg mcm2 gt ckup 1x celup?

  10. @v :
    It d tutorialnya masukin 1 paket pwarna maksudx ap ya?
    >>> maksudnya paket warna apa saja yang kamu mau.
    1 warna doang ato mcm2 warna?
    >>> 1 warna harus dalam satu wadah. kalau 1 wadah macam2 warna, ntar warna satu dan lainnya akan tercampur.
    Tuz tuk menghasilkan motif dg warna yg mcm2 gt ckup 1x celup?
    >>> 1 kali celup untuk 1 warna.jangan dicelupkan semuanya. selanjutnya celup ke wadah dengan warna lainnya untuk bagian kaos yang belum tercelup.

    begitu V.
    thx.

    • @casandra :

      garam itu bersifat mengikat. jadi dengan diberi campuran garam, maka warna dari wantex akan lebih menempel. silakan coba larutkan air dengan garam, lalu rendam tangan kurang lebih 5 menit, maka tangan akan terasa sedikit lengket dan panas. itulah fungsi dari garam dalam proses pencelupan.

    • @ndoy :
      1 bungkus sih idealnya untuk satu baju aja…soalnya klo untuk banyak baju, banyak pula campuran air nya. sehingga nantinya warna yang dihasilkan kurang bagus.

      baju untuk tie dye tidak harus warna putih. bisa terantung selera. saya juga udah coba pake warna hitam, dan hasil nya lumayan bagus. insya alloh nanti saya upload fotonya.

  11. mas…trimz yaa utk postingnya…. Cuma mo nanya, pernah nda nyoba proses warna “dingin”… yg cuma mo warnain bbrp spot aja (nda mo seluruh bahan). Bisa tlg di share caranya…. Ktnya kudu pk urea & as soda (apaan sih “as soda”?). Tx again!

    • @Erie :

      warna dingin juga bagus buat tie dye, nah untuk bisa warnain hanya beberapa bagian/spot aja, itu tergantung dari proses pencelupan dan teknik melipat bahan(kaos)nya. sebagai contoh, klo pengen bagian tengah saja yang kena, coba lipat bagian tengahnya saja, sebagai salah satu contoh, bisa liat video berikut :

      klo untuk urea atau as soda, itu biasa nya digunakan untuk penguat warna saja, biar gk mudah2 luntur.
      gitu mungkin sedikit share dari saya, mohon maat klo banyak kekurangan dan kesalahan, karena saya sendiri masih belajar juga. hehehe..
      thx ya.

  12. bisa minta contact personnya gag? mau nanya2 soal pengrajin tie dye bisa ditemukan dmana aja yah? masnya buka usaha jd pengrajin tie dye aja.. ^_^ makasihh…

    • @trisna :

      wah klo saya sih cuman hobi aja, gk jadi pengrajin. klo mau tau lebih banyak tentang tie dye, haru main ke daerah jawa tengah.

  13. makasih ya do buat info nya, jadi pengen nyoba bikin, lumayan kan buat di pake sehari2, apalagi dengan pilihan warna sendiri. Kalau ada tips yg lain nya share lagi yah :)

    • sebenernya bahan tambahan agar tie dye tidak luntur bisa diakalin dengan menambahkan 1-3 lembar daun sirih dalam setiap pencelupan.
      makasih sudah ikut berkomentar. salam ^_^

    • Wantex biasa saja sudah cukup, asal takarannya dipas2in aja, jangan terlalu banyak air, secukupnya. pewarna tersebut sudah cukup kuat, tambah 1-3 lembar daun sirih aja. itu bisa lumayan mengikat.

      makasih yaah amelia

  14. Salam kenal semua,

    aku mau tanya bleh ya?! emang tie dye itu emang aslinya pake wantex ya?
    tapi hasilnya setelah dicuci makin memudar warnanya dan motifnya makin ga kelihatan,meski bikinya udah d tambahin garam segala. kenapa ya?
    share donk cara2 biar tie dye ga gampang pudar warnanya.

    • pada saat proses pencelupan itu sangat mempengaruhi kualitas kekuatan pewarna. gunakan air untuk pencelupan secukupnya, jangan terlalu banyak air, lalu basahi terlebih dahulu kaos yang akan dicelup, biar pewarna bisa menyerap dengan baik. Kalau mau gunakan juga daun sirih 1-3 lembar kedalam pewarna nya.

      Terima kasih Destiana, semoga membantu.

      • sebetulnya masih ada cat celup yang lebih bagus, cuman biasanya itu untuk pabrikan. nah yang dijual bebas dan mudah didapatkan dipasaran adalah merk Wantex itu sendiri.

  15. I hope that you can explain how to make the colour of the tie dye because i really want to know and make it but i do not understand . :(

    • hello qillaze, thanks for visit my blogs. You can coloring your t-shirt by colour powder. you can get it on supermarket. for easy sample, you can see the video that I was upload in this post. Thanks… :) (sorry for my poor english)

  16. mas, itu sebelum di gulung bajunya kan di semprotin dulu tu. nah semprotannya tu apa ya gan? air biasa atau bahan kimia gitu? terus kalau kaos yang udah jadi mesti dijemur dulu atau di siram air dulu baru dijemur?

    • halo imamhutama,
      itu disemprot pake air biasa, tujuannya agar seluruh warna bisa menyerap dengan baik, dan biar biasan warna yang dihasilkan penyebarannya/coraknya bagus.

      Setelah dicelup, disiram dulu, lalu dijemur, tujuannya agar sisa2 pencelupan bisa terbuang dan tidak akan “muntah” ke pakaian lain di kemudian hari.

      makasih.

    • wah sangat2 support klo sampai jadi usaha yang menguntungkan..
      selamat manjadi pengusaha kreatif gan…semoga sukses!!!

  17. Maaf gan mau tanya, udah pernah bikin tie dye pake pewarna namanya remazol blum.
    Trus selain ditambah garam dan daun sirih, ada campuran lain gak biar warna kaos gak luntur. Thanks

    • wah klo remazol sih belum pernah gan…kebetulan disini susah nyari nya. hehehe.
      campuran lain yah…belum pernah juga. cuman pake yang dua itu aja, asalkan takarannya pas, warna pasti gk akan luntur.
      oh iya tambahan, untuk pencucian pertama kaos tie dye mending dipisah dari kaos yg lain, takut warnanya “muntah” ke kaos lain.
      thanks juga udh ikut sharing gan tamakathel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s