Cupumanik, Band yang gak “CUPU”

Sudah sekitar sepeluh tahun atau lebih setelah eranya Grunge and Alternative dari Nirvana, Soundgarden, Bush, Live, Silverchair, Stone Temple Pilots, Smashing Pumpkin, dll berlalu. Gw kangen dengan masanya rock yang melodius dengan chord – chord gitar yang minor kandang malah nyeleheh, musik yang ‘berisik’(Nirvana, Sonic Youth), kadang ‘psyco’, lirik2nya yang muram dan cara nyanyi bergumam atau seperti orang ‘berkumur’ (Bush, Nirvana, Pearl Jam, dll). Yes I miss Seatle sound, di Indonesiapun di era itu banyak juga tumbuh band2 yang berkiblat pada seatle sound diantaranya yang gw tau Plastik yang sudah bubar. Walaupun gw seneng juga sama band modern rock dan post grugre, misalnya kaya’ Hoobastank, Muse, dll. Pada initnya gw dengerin banyak genre musik termasuk juga britpop dari eranya Radiohead, Pulp, Suede sampai Keane.


Tapi tetap aja gw kangen dengan sound2 melodius dan lirik2 muram seatle sound, sampai tiba2 saja gw denger sebuah band yang membuat gw tertarik. Cupumanik, yeah band asal Bandung ini sebenarnya udah agak lama 1996 ddirikan oleh che, dony, iyak, sq dan rama. Pada awalnya mereka hanya membawakan lagu dari band – band Stone Temple Pilots, Pearl Jam and Soundgarden sampai akhirnya mereka memutuskan untuk mulai menulis lagu mereka sendiri. By 1999 they had put together enough material to start playing shows around their hometown in West Java.

“LOVE, LIVE and EMPHATY, menjadi jargon yang mereprentasikan attitude Cupumanik. Love, menggariskan setiap aksi yang dilakukan. Live, live performance yang membuat tetap hidup. Dan Emphaty, selalu berbagi dan merasakan apa yang dirasakan sesama. Keterbukaan alam pikir ini membuat mereka berbeda dari sahabat-sahabatnya. Ungkapan rasa kemanusiaan digambarkan musik dan lirik mereka. Empati pada kehidupan yang melirih pada lagu ‘hidup’ mereka. Dinamakan Emphaty Rock.
Musik Emphaty Rock Cupumanik melukiskan nada-nada sedih, digambarkan chord gitar minor berlapis yang signifikan. Aransemen yang tidak biasa dan rumit, terdengar meloncat-loncat namun harmonis. Rock melankoli ini hampir menyamakan sentuhan Tool atau bahkan A Perfect Circle. Dan juga terinfluens musik rock 90’an yang banyak berdomisili di Seatle.”

Walaupun munkin gak bisa disebut grunge?, tapi warna musik grunge masih keliatan di lagu2 mereka. Terus terang gw tertarik sama band ini setelah lihat clip kedua mereka “Bukan saat ini”, bisa dilihat di myspace mereka http://www.myspace.com/cupumanik . Dan tentu saja tulisan ini subjektif dan menurut pikiran gw aja, feel free kalo ada yang kurang setuju atau mau nambahin silahkan comments, thx )

Band Members : Che (Vocal), Iyak (Bass), Sq (Guitar), Rama (Guitar), Dony (Drum)

judul asli : Cupumanik
Sumber : http://masiwan.wordpress.com/2007/01/16/cupumanik/

11 thoughts on “Cupumanik, Band yang gak “CUPU”

  1. kapan ngeluarin album lagy, aku fans berat kalian yang selalu menunggu kehadiran selanjutnya baik dalam album maupun lagu omat nya kang d antos pisan

  2. @reallylife :
    wah, bersyukur bgt bisa ketemu ama vocalisnya pas lagi sekolah..selamat2..

    @hedi :
    cupumanik rencananya bakal release album kedua di akhir tahun 2010, kita tunggu saja guys…

  3. bner syik pisan lagunya cupumanik…..
    liriknya yg dalem harus di fikirin buat mecahin makna liriknya…
    seepp…. aku tunggu yah album barunya cupumanik….
    kang esq SUKSESNYA……..

    • @angga
      makasih apresiasinya buat blogs saya.
      makasih juga karena kita punya rasa asyik yang sama, kebetulan sebentar lagi single GRUNGE HARGA MATI + VIDEO CLIP nya bakal segera release dan bakal di share secara gratis. Tunggu dan ikuti kabarnya di blogs saya.

  4. mah rencana.

    gw ska smua lagu’y cupumanik t’utma yg ibu,bukan saat ini,smua deh…

    maksih ea udd ngbuatin lagu yg bagus …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s